CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 07 Mei 2010

Farmakologi Pankreas

Ada dua kelompok antibiotic:
1.insulin
2.obat hipoglikemi oral
Obat hipoglikemi oral adalah preparat sintetik yang merangsang pelepasan insulin. In-sulin yang dilepaskan suatuprotein yang disekresikan oleh sel beta pancreas., adalah penting untuk metabolism karbohidrat dan juga untuk memainkan peranan penting dalam metabolism protein serta lemak.

Diabetes Mellitus
Diabetus militus, suatu penyakit kronik yang terjadi akibat kekurangan metabo-lisma glukosa, disebabkan kurangnya sekresi insulin dari sel sel beta. Keadaan ini men-yebabkan tingginya kadar gula darah (hiperglikemia). Diabetesmilitus ditandai oleh tiga P:
1.Poliuri (menigkatnya keluaran urin)
2.Polidipsi (meningkatnya rasa haus)
3.Polifagia (meningkatnya rasa lapar)
Obat obat tertentu meningkatkan gula darah dan dapat menyebabkan hiperglikemia pada orang yang prediabetik. Obat obat ini termasuk glokokortikoit (kortison, predni-son), diuritik tiasid (hidroklorotiazid (hidrodiuril) , dan epineprin, biasanya kadar gula darah kembali normal setelah obat dihentikan.


Insulin
Insulin dilepaskan dari sel sel beta pulau langerhans dalam responnya terdapat peningkatan glukosa darah. Pancreas secara normal mensekresikan 40-60 unit insulin setiap harinya. Insulin meningkatkan ambilan glukosa, asam amino dan asam lemak dan mengubahnya menjadi bahan bahan yang disimpsn dalam sel sel tubuh. Glukosa diubah menjadi glikogen untuk keperluan glikusa dimasa mendatang dalam hepar dan otot, se-hingga menurunkan kadar glukosa dlam darah. Insulin harus disimpan pada tempat yang sejuk atau dilemari es. Konsentrasi insulin 40 atau 100 U/ml (U/40ml, U100/ml) dan insulin dikemas dalam vial berisi 10 ml.

0 komentar: