CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 17 Desember 2008

KIAT SUKSES MELANGKAH DI DUNIA KERJA

Mencari pekerjaan di saat sekarang ini dianggap banyak orang sebagai hal yang tidak mudah.Salah-salah melangkah Anda bisa saja gagal meraih kesuksesan.Kuncinya dimulai dari mencari peluang kerja sebanyak-banyaknya.Kini,infornasi peluang kerja bisa Anda dapatkan dari mana-mana.Jangan ragu untuk mengirimkan surat lamaran kepada perusahaan yang Anda minati.
Cermati hal-hal penting seputar dunia kerja,apalagi bagi seorang pemula.Promosikan diri Anda sebaik-baiknya melalui surat lamaran.Sebelum melangkah maju,buatlah analisa diri terlebih dahulu.Kenali jenis pekerjaan yang diinginkan serta posisi dan gaji yang diharapkan.Jujurlah pada diri Anda sendiri saat membuat analisa diri.Ikuti kiat-kiat berikut dan Anda akan menemukan bahwa Anda siap melangkah sukses di dunia kerja.

INFORMASI KERJA
Paling penting saat pertama kali menapaki dunia kerja adalah mencari informasi pekerjaan sebanyak-banyaknya.Bukalah pergaulan seluas mungkin karena semakin luas pergaulan kita semakin besar kemungkinan mendapatkan informasi kerja bermutu.Inilah beberapa alternatif sarana mendapatkan info lowongan kerja:
1.Rajinlah membaca koran karena biasanya koran sabtu minggu berisi banyak iklan lowongan kerja.
2.Ikuti mailing kampus karena disini Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja dari almamater.
3.Bergabunglah dengan Headhunter untuk mendapatkan informasi secara gratis.Mereka ini mengkhususkan diri menemukan,mengevaluasi dan menyeleksi kandidat tenaga kerja bagi perusahaan yang membutuhkan.Perlu diingat bahwa jasa ini,kini menjadi alternatif bagi perusahaan untuk menemukan calon pegawai.
SIAPKAN SURAT LAMARAN DAN RESUME
Surat lamaran dan resume laksana cerminan diri Anda.Jadi,buatlah semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian pemilik perusaaan tempat Anda melamar.Dalam membuat surat lamaran,ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan:
a.Tulis surat lamaran Anda tidak lebih dari 1 halaman dengan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti.
b.Tulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.Sesuaikan dengan bahasa yang digunakan dalam iklan lowongan kerja yang Anda lamar.
c.Jangan gunakan tulisan tangan,kecuali diminta oleh perusahaan yang bersangkutan.
d.Jangan mengajukan lamaran via email,tuliskan pesan yang sopan pada badan email.Jangan membuat badan email kosong.
e.Tuliskan kelebihan dan kemampuan yang bisa Anda kontribusikan bagi perusahaan.Ini akan menjadi nilai lebih bagi diri Anda.
f.Buat resume yang tertata rapi.Susunlah informasi berdasarkan tahun terakhir hingga tahun terbelekang perjalanan hidup Anda.
g.Pasang foto berkualitas pada CV Anda.Ini akan menarik perhatian untuk mengundang Anda interview atau tidak.
MEMULAI WAWANCARA
Inilah bagian terpenting yang harus Anda persiapkan dengan matang.Saat pertama kali Anda bisa menunjukkan diri dan kemampuan.Buatlah fisik impression yang berkesan bagi pewawancara kerja.
1.Datang tepat waktu.Tinggalkan jam karet dan mulailah mendisiplinkan diri.
2.Kenakan pakaian yang sopan.Bagi pria,kenakan kemeja dan celana bahan serta sepatu tertutup yang rapi.Sedangkan bagi wanita,jangan mengenakan rok mini ataupun atasan yang terbuka.Jika Anda melamar pekerjaan di bidang kreatif,tampillah dengan gaya yang menarik namun tetap sopan.Perpaduan pakaian yang Anda kenakan bisa menjadi nilai tambah untuk kreativitas Anda.
3.Jabat erat tangan pewawancara.Ini akan memberikan kesan tegas namun bersahabat.
4.Aktif dalam percakapan dan ciptakan hubungan yang baik.
5.Percaya diri.Tatap mata lawan bicara.
6.Pewawancara tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengenal Anda.Jadi,penilaian terhadap karakter,kompetensi dan kemampuan didasarkan pada penampilan dan tindakan yang Anda tunjukkan saat wawancara berlangsung.
7.Janagan mengkritik dan menjatuhkan perusahaan,atasan ataupun rekan kerja Anda sebelumnya.Hal ini akan memberikan kesan negatif.

0 komentar: